Pelepasan KKN UNIGAL di Desa Karangampel: Pemberdayaan UMKM dan Strategi Pemasaran Digital

Suasana penuh sukacita dan kehangatan menghiasi aula Desa Karangampel saat mahasiswa Universitas Galuh (UNIGAL) Ciamis merayakan penutupan dan perpisahan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada hari Rabu 30 Agustus 2023. Selama satu bulan bulan berada di Desa Karangampel, mahasiswa Unigal telah menyelesaikan kegiatan KKN dengan mengusung tema penguatan kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta implementasi strategi pemasaran produk UMKM berbasis digital. 



Dalam kegiatannya, mahasiswa KKN UNIGAL berkolaborasi erat dengan kelompok-kelompok UMKM di desa Karangampel dalam melakukan pelatihan mengenai legalisasi, sertifikasi usaha serta pemasaran produk berbasis digital. Penguatan kelompok UMKM juga menjadi fokus utama program dalam kegiatan KKN ini. Tim penggerak PKK Desa Karangampel bersama mahasiswa KKN UNIGAL melakukan Upaya mengorganisir kelompok-kelompok UMKM menurut kategori produk agar para pemilik UMKM sejenis dapat saling mendukung, bertukar ide, dan mengatasi berbagai tantangan bersama-sama.


Kepala Desa Karangampel Asep Yudi Ruhyana, S.Pd.I dalam sambutannya mengapresiasi upaya mahasiswa UNIGAL dalam melakukan kegiatan pemberdayaan pelaku UMKM  di Desa Karangampel serta menyatakan harapannya bahwa kerja sama antara universitas dan masyarakat desa dapat terus berlanjut. "Kami mengucapkan terima kasih atas kegiatan bermanfaat yang telah dilakukan mahasiswa KKN UNIGAL. Semoga hubungan baik ini akan terus berlanjut dan memberikan manfaat yang berkelanjutan”.


Kegiatan pemberdayaan UMKM ini akan menjadi awal dari perjalanan yang lebih panjang menuju pemberdayaan ekonomi lokal dan pengenalan produk-produk UMKM Desa Karangampel ke pasar yang lebih luas. Dengan strategi pemasaran digital dan penguatan kelompok UMKM, Desa Karangampel siap untuk bersaing dan berkembang di era digital yang semakin berkembang pesat.

Share Berita